Mengenal Peluang Bisnis 2019


Mengenal Peluang Bisnis 2019

  1. Pengertian Bisnis
  2. Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menjual barang ataujasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan (|aba). Istilah bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business. Business sendiri berasal dari kata dasar busy yang berarti ‘sibuk’ dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Maksud dari sibuk di sini yaitu mengerjakan aktivitas atau pekerjaan yang bisa mendatangkan sebuah keuntungan. Sebuah bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran bagi pemiliknya.

    Belajar Bisnis Dagang


    Mengenal Bisnis

    Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuPengertian Bisnisntungan. Istilah ‘bisnis’ ini memiliki tiga penggunaan, pertama adalah tergantung skupnya atau penggunaan singular (merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis atau hukum). Kedua adalah teknis. Sementara yang ketiga adalah ekonomis yang bertujuan mencari keuntungan. Sebenarnya, sampai saat ini definisi bisnis masih menjadi bahan perdebatan. Untuk itu, di sini akan dijelaskan mengenai definisi bisnis menurut para ahli. Definisi yang dimaksud tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Huat, T Chwee
    2. Bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society. Definisi ini lebih bersifat umum,yaitu menunjukkan bahwa semua institusi dan kegiatan yang memproduksi barang atau jasa di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Bisnis menjadi sebuah…sistem yang memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

    3. Steinford .
    4. Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people. Bisnis merupakan sebuah kegiatan yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal tersebut bisa dilakukan oleh suatu perusahaan yang mempunyai badan usaha, badan hukum, ataupun perorangan yang tidak mempunyai badan usaha maupun badan hukum. Misalnya, warung yang tidak mempunyai SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan SIUP (Surat Izin Tempat Usaha), serta usaha informal lainnya.

    5. Musselman dan Jackson
    6. Bisnis merupakan kesatuan dari keseluruhan aktivitas yang diorganisir oleh seseorang yang sedang melakukan pekerjaan di bidang industri atau perniagaan. Pekerjaan atau aktivitas secara keseluruhan yaitu menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan (mempef’ baiki kualitas hidup).

    7. Brown dan Petrello
    8. Business is an institution which produces goods and service demanded by people. Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam hal ini, apabila kebutuhan atau keperluan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan melakukan peningkatan produksinya untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat.

  3. Jenis Bisnis
  4. Untuk memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui jenis usaha yang sesuai dengan kemampuannya (pelaku bisnis). Terkait dengan ini, ada beberapa jenis bisnis yang perlu diketahui, di antaranya yaitu: Oligopsoni, monopoli, monopsoni, dan oligopoli. Untuk mendapat penjelasan secara lebih rinci mengenaijenis bisnis tersebut, maka bisa dilihat melalui uraian berikut.

    1. Oligopsoni
    2. Oligopsoni merupakan salah satu jenis usaha yang dijalankan atau dilakukan oleh dua orang atau lebih, di mana orang tersebut menguasai penerimaan sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas barang atau jasa di dalam pasar komoditas.

    3. Monopoli
    4. Monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau satu penjual. Pelaku monopoli, bisa menurunkan atau menaikkan harga dengan cara menentukanjumlah besarnya produksi. Apabila produksi yang dikeluarkan sedikit, maka harga yang ditentukan akan semakin mahal. Apabila produksi yang dikeluarkan semakin banyak, maka harga yang akan ditentukan akan semakin murah. Namun, perlu diketahui bahwa monopoli tidak bisa semena-mena untuk menaikan harga menjadi lebih mahal. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan berdampak pada penjualan tersebut, sehingga para konsumen akan menunda atau membatalkan pembelian produksi tersebut.

    5. Monopsoni
    6. Monopsoni merupakan salah satu jenis usaha yang dilakukan oleh satu orang, di mana pelaku usaha sedang menguasai penerimaan suatu pasokan atau menjadi pembeli tunggal dari barang atau jasa di dalam pasar komoditas. Sebagai contoh adalah PT. KAI, di Indonesia hanya ada satu perusahaan yang menangani atau melayani transportasi kereta api.

    7. Oligopoli
    8. Oligopoli merupakan salah satu jenis usaha yang dilakukan oleh seseorang, di mana seseorang tersebut memiliki lebih dari dua perusahaan atau kurang dari sepuluh (pasar). Di dalam oligopoli, setiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terikat oleh pera mainan pasar, yaitu di mana sebuah laba yang didapatkan tergantung dari pesaing mereka. Oleh karena itu, untuk mengenalkan produk terbaru, mereka akan mempromosikannya melalui iklan.

  5. Karakteristik Pelaku Bisnis

Dalam dunia bisnis terdapat tiga jenis pelaku, yaitu, pedagang, pengusaha, dan entrepreneur. Pedagang merupakan salah satu orang yang melakukan usaha. Pebisnis atau pengusaha yaitu orang yang melakukan bisnis. Sementara entrepreneur yaitu orang yang melakukan wirausaha. Ketiga jenis pelaku bisnis tersebut juga memiliki karakteristik yang berlainan. Untuk mendapat penjelasan secara lebih rinci mengenai karakteristik pelaku bisnis tersebut, maka bisa dilihat melalui uraian sebagai berikut.

Belajar Bisnis Online Gratis


  1. Pedagang
  2. Pedagang merupakan orang yang melakukan kegiatan iual-beli barang tanpa harus melakukan produksi sendiri. Tujuan utama dari seorang pedagang yaitu untuk memperoleh suatu keuntungan. Terkait dengan hal ini, ada beberapa karakteristik yang perlu diketahui dari seorang pedagang, yaitu sebagai berikut.

    1. Seorang pedagang hanya memiliki usaha tunggal atau hanya satu.
    2. Tidak memiliki pegawai atau karyawan.
    3. Seorang pedagang, biasanya minim inovasi dan pengembangan usaha.
    4. Seorang pedagang hanya menjalankan rutinitas usahanya.
    5. Pendapatan seorang pedagang hanya dari satu sumber, sehingga apabila sedang lesu, penghasilan bisa berkurang.
  3. Pengusaha
  4. Pengusaha merupakan orang yang menjalankan kegiatan usaha, baik itu jualebeli maupun usaha produksi. Pengusaha merupakan seseorang yang memiliki keberanian untuk menanggung semua risiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Tujuan utama dari seorang pengusaha adalah mendapatkan keuntungan. Terkait dengan hal ini, ada beberapa karakteristik yang perlu diketahui dari seorang pengusaha, yaitu sebagai berikut.

    1. Seorang pengusaha biasanya sudah memiliki karyawan atau staf.
    2. Sudah memiliki struktur dan sistem bisnis.
    3. Memiliki beberapa usaha.
    4. Hanya iokus pada pengembangan usaha.
    5. Masih minim inovasi dan kreativitas. f) Pendapatan tidak hanya dari satu sumber, sehingga sudah bisa saling menutupi (sistem subsidi silang).
    6. Menialani rutinitas usaha dengan penghasilan tetap.
  5. Entrepreneur

Entrepreneur merupakan salah satu orang yang melakukan aktivitas kewirausahaan. Entrepreneur adalah orang yang mempunyai kepandaian; untuk mengenali suatu produk baru, menentukan cara produksi yang baru, menyusun suatu manajemen operasi, pengadaan suatu produk baru, memasarkan produk, serta mengatur permodalan operasionalnya. Terkait dengan hal ini, ada beberapa karakteristik yang perlu diketahui dari seorang entrepreneur, yaitu sebagai berikut.

  1. Seorang enterpreneur sudah memiliki karyawan atau staf.
  2. Sudah menjalankan bisnis secara sistematis dan terstruktur.
  3. Memiliki beberapa atau sejumlah usaha yang dijalankan.
  4. Memiliki gairah dalam mengembangkan usaha.
  5. Berambisi untuk memperluas jaringan bisnis.
  6. Memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usahanya.
  7. Pandai membaca serta mengambil peluang usaha.
  8. Pendapatan bisa dari berbagai sumber usahanya.
  9. Rajin mencari terobosan-terobosan baru.
Anda sedang membaca Artikel Β» PELUANGUSAHA2019.com

Segera Hubungi GROSIRBAJUKU untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.

SMS/WA/TELP : 0857 7346 5849

Kawasan Industri Jababeka 2 - Jl.Beruang Raya D2-21 (Depan SMUN Cikarang Pusat) - Perum. Cikarang Baru Bekasi Jawa Barat


facebook delta grosir
whatsapp grosirbajuku
instagram GROSIRBAJUKU.COM
Pakaian Anak baju muslim anak KAOS SALUR ANAK DEWASA


KAOS ISLAMI daster katun GAMIS DEWASA BERGO SYAR'i


JILBAB MURAH MUKENA KATUN JEPANG BAJU KAOS DISTRO


PAKET GROSIR CELANA JEANS KEMEJA ANAK SARUNG TENUN SONGKET SOLO


MUKENA BALI PAKET LEBARAN Setelan Anak Murah Meriah GROSIRBAJUKU


Pakaian Anak Instagram GROSIR BAJU Pakaian Anak